Desa Terang Hutan Lestari Masyarakat Berdaya

D.P. Djatmiko

Direktur Eksekutif YCHI (Yayasan Cakrawala Hijau Indonesia)

Anggota LB Mapala Graminea

———————————————————————————————————-

Kemandirian energi sebagai sebuah jawaban nyata atas desentralisasi listrik ditengah-tengah gencarnya gerak pembangunan oleh Negara. Mikrohidro adalah suatu upaya untuk menjawab kebutuhan listrik masyarakat pegunungan daerah terpencil yang selama ini tidak dapat dipenuhi oleh Negara dengan sentralisasi listrik melalui PLN. Kondisi geografis Desa Haratai dengan hutan yang masih terjaga memberikan potensi air yang melimpah. Sehingga sangat layak untuk dibangun sebuah instalasi pembangkit listrik tenaga air yang sederhana.

Pembangkit listrik ini mampu memberikan kebutuhan listrik bagi 500 jiwa penduduk Desa Haratai dan beberapa desa tetangga seperti Balai Waja dan Balai Janggar. Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) Buntasan Desa Haratai diresmikan oleh Gubernur kalimantan selatan, Rudy Ariffin kemarin, (12/01/2010). Program ini merupakan inisiasi yang dibangun bersama masyarakat Adat Haratai dengan fasilitasi tekhis dan manajamen oleh Yayasan Cakrawala Hijau Indonesia (YCHI). PLTMH Buntasan merupakan perwujudan sebuah Community owner yang dikuasai dan dikelola oleh masyarakat untuk memberikan manfaat yang berkesinambungan kepada Masyarakat. Hal ini menjadikan Desa Haratai sebagai Desa Mandiri Energi dan ketersediaan energi tersebut sebagai motor penggerak pembangunan, termasuk program pengentasan kemiskinan terutama pendidikan, sosial budaya dan perekonomian.

PLTMH Buntasan sangat berbeda dengan pembangkit listrik mikrohidro yang sudah ada di kalimantan selatan karena menerapkan konsep yang teringrasi, yaitu dengan menggabungan secara serasi aspek tekno-teknik (pemahaman teknikal tentang PLTMH); tekno-sosial (meliputi; Reka budaya, Pengembangan Kapasitas Masyarakat dan Pengembangan dan Penguatan Kelembagaan, Mendorong terwujudnya Kebikajan-kebijakan lokal yang demokratis); berikutnya tekno ekonomi (perencanaan bisnis, pengembangan inkubator bisnis, dan seed fund); dan Tekno Ekologi yang ditegaskan dengan adanya kesepakatan masyarakat untuk mewujudkan pelestarian DTA (Daerah Tangkapan Air). Konsep terintegrasi ini menjadi suatu bukti dan juga model pengelolaan proyek/program secara efektif dan efisien.

Keterkaitan dengan issu Perubahan Iklim (Climate Change) yang berefek pada pemanasan global (Global Warming), inisiatif masyarakat di Balai Haratai dengan mengembangkan PLTMH ini merupakan bukti nyata yang tak terbantahkan dari peran masyarakat lokal dalam memerangi perubahan iklim, pertama dengan menggunakan energi bersih (bukan energi fosil) bahkan zero carbon dan kedua mengurangi emisi kabon dengan melestarikan puluhan ribu hektar luas hutan di kawasan Daerah Tangkapan Air.Jika kita menggunakan aras CDM (Clean Development Mechanism) atau Mekanisme Pembangunan Bersih sudah selayaknya masyarakat adat Haratai sebagai penerima manfaat pertama dari dana ‘penjualan karbon’ (carbon trade).

Kedepannya, PLTMH Buntasan Desa Haratai bukan hanya mampu memberikan penerangan bagi masyakarat, tetapi juga mampu memberikan perubahan taraf hidup yang lebih baik bagi masyarakat melalui pengembangan ekonomi kerakyatan yang sudah dipelopori oleh Kelompok Simpan Pinjam (KSP) Meratus Indah. Dengan terwujudnya PLTMH Buntasan ini, dapat membuka beberapa peluang usaha baru diantaranya: Penepungan dan minyak atsiri berbahan kayu manis (karena sesuai dengan potensi daerah dan peluang pasar yang terbuka) serta menciptakan unit-unit bisnis dari beberapa produk-produk hasil hutan bukan kayu lainnya, oleh karena kami percaya bahwa ketersediaan energi listrik akan mempercepat proses-proses produksi.

Mari bersama-sama kita dukung pengembangan kemandirian masyarakat Adat di Meratus dalam pengembangan sosial-budaya, ekonomi, energi dan pengelolaan pengetahuan dengan tetap menjaga kelestarian kawasan hutan Meratu sebagai sumber penghidupan (livelihood) masyarakat sekitar.

Leave a comment »

WEB DAN E-MAIL BARU GRAMINEA

Alamat E-mail   :  graminea@graminea.or.id

Alamat WEB        :  graminea.or.id

Comments (5) »

SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1429 H

KELUARGA BESAR MAPALA GRAMINEA

MENGUCAPKAN

SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1429 H

MOHON MAAF LAHIR DAN BATHIN

DAN 

SEMOGA KITA MENDAPATKAN HIKMAH DAN MAKNA DARI 

HARI KEMENANGAN INI DENGAN HAIKIKI

Comments (2) »

Ketika kita menyatu Di Bawah Panji Hijau (Bagian III)

Oleh : dEr@

“Kebanggaanku pada Kalian..sahabat, teman, saudara…”

“perjalanan sang waktu, menembus segala batasan..kadang pisah menggelisahkan.. namun harapan di ujung horizon menggugah langit dengan warna-warni bianglala”

Menyambung cerita yang sempat tertunda karena berbagai kesibukan, mudahan masih ga bikin bosan….Salam Hormat untuk Erwan..Salut untuk Adhenan atas dedikasinya untuk Graminea tercinta, dan Salam Lestari untuk yang lain…

Sore itu di antara gedung tiga dan gedung empat Kampus Unlam Banjarbaru, nampak bergerombol sekelompok mahasiswa..Beberapa diantaranya sibuk membuat simpul dari tali dan beberapa lainnya memanjat pohon besar (entah pohon apa, lupa juga neh..kayaknya pohon flamboyan deh..). Aku datang agak telat, karena emang ada kuliah siangnya..(caelah..sok rajin..). Bersama-sama Riyad, Winarso, Tika (tika yg cewe, karena ada juga Tika cowo alias Kartika Riyadi)..Away, Dicky dll deh menunggu senior-senior selesai pasang ini itu dan kayaknya sengaja dibuat seolah-olah ribet deh…padahal pas udah bisa bikin simpul dan pasang alat panjat..ternyaga ga ribet-ribet amat….mungkin maksudnya show off begetoooh…he he he he..(Bukan Begitu ketua Budi-Abuk dan Ketua Erwan…hahahahaha..)

Ada Heru BA..dah pasang wajah Playboy melayunya di sana..(Apa kabar Pak Heru… lama juga ga bertemu…dah 15 tahun..?? lebih mungkin yah..Salut & Hormatku utk Bapak..). Secara Ringkas, kami di kasih tau..apa aja yang ada di hadapan kami saat itu..dan kami mo ngapain..tapi ga pedulu deh…yg penting dateng and ketemu ama gebetan….Kegiatan kali ini ternyata prusiking dan Rappeling…yang akhirnya menjadi awal bagi kami untuk selanjutnya terlibat dalam berbagai kegiatan lainnya….Ada Pekan Murah Ramadhan, ada GWO (Graminea Wall Obsession) dll deh….termasuk juga berbagai ekspedisi dan undangan di luar daerah….Menyenangkan..!!! penuh suka cita dan seakan-akan hidup penuh dengan harapan ketika bersama dalam setiap kegiatan Graminea.

Baca entri selengkapnya »

Comments (12) »

Buka Puasa Bersama Graminea

Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan pengurus m
Mapala Graminea mengadakan Buka Puasa Bersama yang insya Allah dilaksanakan pada
Hari/Tanggal : Sabtu /20 September 2008
Tempat         : Gedung III Lantai I Fakultas Pertanian Unlam

Jadwal acara
17.20-17.25   Pembukaan
17.25-17.35   Tahlilan
17.35-17.45   Sambutan-sambutan
14.45-17.55   Pembacaan Al Qur an
17.55-18.20   Ceramah Agama
18.20-18.21    Doa Buka Puasa
18.22-18.29   Buka Puasa Bersama
18.20-19.00   Sholat
19.90-Selesai   Penutup

Diharapkan kehadiran seluruh anggota Mapala Graminea

Panitia Pelaksana

Comments (1) »

BADAN PENGAWAS MAPALA GRAMINEA 2008 – 2009

Koordinator : Hendri Gunawan
Anggota : Syamsudinnor
Maulana Ashadi

Comments (1) »

SUSUNAN PENGURUS MAPALA GRAMINEA

SUSUNAN PENGURUS MAPALA GRAMINEA
FAPERTA UNLAM
BANJARBARU
PERIODE 2008 / 2009

 

KETUA UMUM    :    PURWANTO                (MG-FP.05/PR/339)
WAKIL KETUA    :    ABDUL MUTALIP            (MG-FP.07/HA/350)
SEKRETARIS       :    INDAH WINARNI            (MG-FP.08/PP/354)
BENDAHARA     :    HERLINA PRANINGTYAS    (MG-FP.05/SG/342)

BIDANG- BIDANG

DIKLATAN       :    REIZA IBNU HAKIM        (MG-FP.05/SG/343)
PMLH              :    AAN YULIONO            (MG-FP.07/HA/349)
P3O                :    ABDUL MUTALIP            (MG-FP.07/HA/350)
HUMAS           :    EVI NOVITA            (MG-FP.08/PP/353)
LOGISTIK        :    ADITYA INDI KUSUMA        (MG-FP.07/HA/351)
KESRA            :    HERMI PRIYANTI            (MG-FP.08/HA/352)

Comments (9) »